PENGALAMAN IKUT ORGANISASI MAHASISWA : UKESMA UGM

Hai guys! Lanjut yaa topik tentang organisasi internal UGM yg sy ikuti saat masih menjadi mahasiswa.

2. Unit Kesehatan Mahasiswa (UKESMA) UGM
Ukesma merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yg berlokasi di Gelanggang Mahasiwa UGM. Dulu tahu ada UKM ini karena sy datang ke stand gelanggang expo saat masih semester 1. Tertarik karena UKM ini merupakan UKM kesehatan, secara sy adl mahasiswa keperawatan, hehehe.

Akhirnya sy mulai deh kepo ke kakak2 Ukesma bagaimana caranya untuk join. Ternyata harus mengikuti acara Diklatsar gitu alias pendidikan kilat dasar Ukesma. Akhirnya mantep deh daftar diklatsar dan mengikuti segala rangkaian kegiatannya. Seru banget emang meskipun acara diklatsar kelasnya cukup lama dan kadang ga bisa sepenuhnya mengikuti karena ada jadwal kuliah yg tidak bisa ditinggalkan. Konsekuensinya, sy harus mengerjakan tugas tambahan dan ujian ulang guys biar dapet nilai yg cukup untuk ikut next step yaitu acara ujian praktik. Pokoknya the best deh serangkaian acara diklatsar ini sampai akhirnya lulus diklatsar dan bisa mulai ikut magang ke divisi yg ada di Ukesma.

Sy ga bisa cerita detail sih proses magangnya karena udh agak lupa juga hehe. Tp intinya, saat magang, kita diberi arahan ttg deskripsi dan kegiatan masing2 divisi di Ukesma trus bisa ikut kegiatan2 divisi tsb juga. Output dari magang ini nanti adl pemilihan peminatan divisi. Jadi, kita nantinya bisa milih mau masuk jadi staf divisi apa. Tp proses untuk jadi staf emang sepanjang itu gaes. Tp worth it karena kitapun jadi sepenuh hati tanpa paksaan untuk masuk organisasi tsb.

Saat itu sy memilih menjadi staf divisi operasional penjagaan. Why? Seru aja di divisi itu, banyak temennya wkwkwk. Trus juga kl penjagaan nanti bisa sekalian ngehafalin jenis2 obat dan melatih penanganan P3K.

Apa sih manfaat jadi staf di Ukesma? Banyak sih, bisa dapet banyak temen dari segala macam jurusan di UGM, terus waktu itu sy mendapat kesempatan untuk mewakili UGM dalam ajang Duta GenRe BKKBN di DIY dan alhamdulillah menjadi runner up saat itu. Selain itu, dg ikut Ukesma, sy juga bisa melatih public speaking sy melalui penyuluhan kesehatan reproduksi maupun NAPZA & HIV ke sekolah2. Dan yg terpenting mendapatkan keluarga baru di Ukesma hehehe.

Jadi bagi adik2 UGM yg bingung mau pilih UKM apa, bisa tuh join ke UKESMA jaaa .





No comments:

Post a Comment